CEO Qualcomm Berbicara tentang Bersaing dengan Apple. Bisakah Mereka Berjalan Jalan?

Prosesor IPad Pro M-Series

Jadi Qualcomm akhirnya mulai serius bersaing dengan chip Apple Seri A dan M. Apple telah mengalahkan mereka dalam hal kekuatan dan efisiensi dalam desain chip ponsel selama beberapa tahun sekarang dan kesenjangan telah melakukan apa-apa selain melebar baru-baru ini.

Sekarang Apple telah mengambil alih kepemimpinan itu ke perangkat keras Mac mereka dan mengalahkan Microsoft dan Qualcomm, meskipun dua tahun mereka memulai di jalan yang sama. CEO baru perusahaan mengatakan dia memiliki rencana yang telah dicoba banyak orang lain dalam situasi yang sama dengan hasil yang beragam. Apakah ini akan bekerja untuk Qualcomm?

Jadi apa rencananya? Singkatnya, jika Anda tidak dapat mengalahkan pesaing, pekerjakan beberapa orang dan lihat apakah mereka dapat membuat serangan pencahayaan lagi untuk Anda. Ketika Anda menghilangkan hype, itulah strategi yang diungkapkan CEO Qualcomm Cristiano Amon minggu ini. Dalam sebuah wawancara dengan Reuters, dia mengatakan bahwa perusahaan akan mengirimkan chip sebagus M1 Apple tahun depan berkat akuisisi startup Nuvia senilai $1,4 miliar. Kebetulan tim kecil yang mendirikan Nuvia semuanya berasal dari Apple.

Kedengarannya seperti rencana yang sangat sederhana, bukan? Sayangnya, itu sedikit juga sederhana untuk dunia nyata teknologi seluler. Gertakan Mr. Amon menghasilkan soundbyte yang bagus untuk pers teknologi, tetapi mengabaikan dua hambatan yang mungkin sangat sulit untuk diatasi oleh Qualcomm.

Pertama, Qualcomm mungkin telah memburu beberapa insinyur kunci yang pernah bekerja di Apple, tetapi mereka tidak memiliki beberapa elemen paling penting yang membuat chip Seri A dan M Apple seperti apa adanya. Qualcomm tidak dan tidak akan pernah mengontrol sisa perangkat keras atau perangkat lunak dari perangkat apa pun yang akan digunakan chip mereka. Kontrol Apple atas seluruh tumpukan adalah sumber kekuatan dan efisiensi desain mereka. Itu bukan sesuatu yang dapat diduplikasi bekerja dengan Microsoft di sisi perangkat lunak dan banyak mitra lainnya di perangkat keras lainnya.

Saya tidak mengatakan bahwa chip Qualcomm tidak bagus. Mereka hampir pasti akan lebih baik daripada apa yang ditawarkan perusahaan untuk komputer Windows berbasis ARM yang sangat sedikit yang tersedia saat ini. Namun, pendekatan mereka dan cara mereka pergi ke pasar dengan chip mereka sangat berbeda sehingga saya tidak melihat bagaimana realistis untuk mengharapkan mereka dapat menduplikasi persis apa yang Apple berikan.

Ada gunung lain yang berpotensi lebih sulit yang harus didaki Qualcomm untuk membuat desain chip baru dengan inti berpemilik. Apple telah melindungi semua desain chipnya dengan dinding paten dan Anda dapat bertaruh bahwa mereka akan sangat memperhatikan mantan karyawan mereka saat mereka mengerjakan produk pesaing baru ini. Bahkan, sebelum Nuvia dibeli oleh Qualcomm, Apple sudah menggugat salah satu pendiri Gerald Williams III karena merencanakan kepergiannya dan merekrut karyawan Apple untuk pergi bersamanya saat berada di waktu perusahaan.

Sementara gugatan itu tidak ada hubungannya dengan Nuvia sendiri atau salah satu desain atau perangkat keras perusahaan itu, itu menunjukkan bahwa Apple merasa seperti Williams sedang bersiap untuk berbelanja desain yang berkaitan dengan produk mereka kepada penawar tertinggi dan tidak menghargainya. Jika ada, mereka menjual ke pesaing di pasar ini agak jauh untuk mengkonfirmasi hal itu. Jika Qualcomm bahkan bernafas ke arah apa pun yang dianggap Apple sebagai kekayaan intelektualnya, ke pengadilan pasangan perusahaan ini akan kembali lagi.

Saya tidak mengatakan bahwa Qualcomm tidak bisa menyiasatinya. Perusahaan melakukannya sepanjang waktu, tetapi mantan karyawan Apple ini harus sangat berhati-hati agar tidak menggunakan arsitektur atau desain yang sama yang digunakan dalam pekerjaan mereka dengan mantan majikan mereka. Menimbang bahwa Apple terpaksa menyelesaikan dan berdamai dengan Qualcomm untuk melisensikan modem dan teknologi 5G mereka untuk iPhone beberapa tahun yang lalu, mereka tidak akan bermurah hati di sini jika mereka merasa kasus dapat dibuat. Jika ada cara Apple dapat membalas dan memaksa Qualcomm untuk melisensikan IP mereka untuk chip baru ini, perubahan haluan adalah permainan yang adil dalam teknologi besar.

Setidaknya, saya pikir Qualcomm akan memiliki perjuangan berat untuk mendapatkan chip baru yang mendekati Seri M Apple segera tahun depan. Bahkan jika mereka dapat menavigasi potensi ladang ranjau paten, akan sulit bagi mereka untuk mengatasi keuntungan Apple dari kontrol penuh atas seluruh perangkat lunak dan perangkat keras. Namun, baik sebagai penggemar Apple dan pengguna Windows di sisi desktop, saya masih melihat langkah Qualcomm ini sebagai kabar baik bagi industri secara keseluruhan.

Jika Qualcomm menjadi lebih agresif dalam hal desain chip yang efisien untuk laptop dan desktop, itu akan mendorong Apple dan membuat mereka tidak berpuas diri dalam memimpin mereka saat ini dengan Seri M. Sebagai pengguna Windows, saya juga menantikan hari ketika lebih banyak perangkat lunak dikompilasi untuk chip ARM dan ada lebih banyak pilihan perangkat keras yang lebih baik untuk dipilih. Qualcomm yang menawarkan chip yang lebih baik daripada yang mereka lakukan hari ini akan membantu memacu pasar itu untuk tumbuh melampaui proyek kesayangan Microsoft Surface Pro X sezamannya yang jauh kurang mengesankan. Persaingan adalah hal yang baik, jadi inilah harapan Qualcomm untuk lebih dari sekadar pembicaraan besar.



James Rogers

Saya seorang suami Kristen dan ayah dari 3 anak yang tinggal di AS Tenggara. Saya telah bekerja sebagai programmer dan manajer proyek di industri Otomasi Komersial dan Industri selama lebih dari 19 tahun, jadi saya hampir setiap hari menggunakan teknologi. Namun, hasrat saya di bidang teknologi adalah untuk perangkat seluler, khususnya perangkat keras dan perangkat lunak iOS dan iPadOS Apple. Favorit saya masih iPad.

Lebih Banyak Posting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *